Resiko dari Trading Saham
GAYA HIDUP

Resiko dari Trading Saham yang Harus di Ketahui

Bergelut di dunia digital saat ini memang cukup menjanjikan, salah satunya dengan melakukan trading saham. Namun, tidak semua orang mengetahui apa saja resiko dari trading saham ini. Karena, tidak sedikit pengguna yang mengalami kebangkrutan dalam waktu cepat.

Apa saja Resiko dari Trading Saham?

Trading saham sendiri mempunyai arti sebagai kegiatan jual beli sebuah saham dalam dunia digital. Alasannya, untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga pembelian di awal terhadap harga jual terakhir (Capital Gain). Lantas, apa saja resiko yang bisa ditimbulkan

1. Tidak Mendapat Dividen

Dalam keuntungan yang didapat, sebagai investor juga akan mendapat dividen. Namun, beda lagi jika perusahaannya jatuh bangkrut atau rugi, sehingga perusahaannya tidak membagikan dividen. Namun, kebanyakan pemula tidak mengetahui hal semacam ini.

Kerugian tidak akan dibagi kepada setiap pemegang saham, seperti halnya saat membagikan dividen. Namun, akan menguras habis modal dan akhirnya bisa menimbulkan dampak buruk pada kondisi keuangan, baik penanam saham ataupun perusahaan itu sendiri.

2. Potensi Menurunnya Capital Gain

Capital gain mempunyai arti keuntungan yang akan diperoleh investor dalam melakukan investasinya, dimana harga jual akan melebihi harga pembelian. Tapi bagaimana jika perusahaan bangkrut atau merugi?

Ada kemungkinan bahwa harga saham akan menurun karena kondisi perusahaannya tidak baik. Penurunan ini akan menjadi risiko dalam melakukan trading saham, itu terjadi ketika menjual saham karena kondisi perusahaan yang buruk di harga rendah dibandingkan harga pembelian setelahnya.

3. Perusahaan Bangkrut dan Menerima Hasil Pembagian dari Likuidasi

Bagaimana jika perusahaannya mengalami rugi dari waktu ke waktu? Kebangkrutan ini merupakan resiko buruk bagi setiap pemegang saham. Mengapa? Karena para investor memiliki hak setelah perusahaan dilikuidasi dan hasilnya akan dipakai untuk membayar pajak, utang dan gaji pekerja.

Maka dari itu, dengan mengetahui beberapa resiko yang akan dihadapi nanti bagi seorang nvestor, diharapkan untuk lebih bijak dalam memilih saham sehat untuk dibeli, jangan sampai membeli dengan peluang yang dapat membuat rugi berkepanjangan.

Setelah mengetahui beberapa resiko dari trading saham di atas, kiranya lebih berhati-hati dalam menjalankannya. Sebab, sekali salah melangkah, finansial Anda menjadi taruhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *