Source : alodokter.com
KESEHATAN

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Jantung merupakan salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia dan hewan. Berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, menjadikannya sebagai bagian terpenting dalam kelangsungan hidup. Oleh karena itu, jika ia terkena penyakit jantung koroner, maka resiko kematiannya cukup tinggi.

Kenali Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung ada banyak jenisnya, bukan hanya serangan jantung (koroner) saja. Namun, itu yang sering dialami orang dan menjadi salah satu faktor kematian paling tinggi di dunia termasuk Indonesia, mencapai persentase sebesar 29%.

Penyebab utama terjadinya serangan jantung (heart attack) yang dipicu oleh jantung koroner adalah gangguan pada pembuluh darah akibat penyumbatan dan ini dapat mengakibatkan kurangnya suplai darah serta oksigen. Contoh gejalanya seperti terasa sangat sakit pada bagian dada.

Istilah kardiovaskular mungkin tidak asing, namun cakupan penyakitnya luas seperti stroke, serangan jantung dan darah tinggi. Penyebabnya beragam, ada yang karena dari bawaan lahir, bisa juga karena gaya hidup tidak sehat, pola makan kurang baik serta penyebab lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Berikut beberapa cara pencegahannya:

1. Tinggalkan Rokok

Source : cnnindonesia.com

Tak dapat dipungkiri bahwa rokok adalah penyebab utama serangan jantung. Zat-zat berbahaya yang terdapat padanya, meninggalkan residu yang dapat menyumbat pembuluh darah. Akibat penyumbatan tersebut, terjadilah serangan jantung.

Selain itu, asap yang masuk ke dalam tubuh mengganggu pasokan oksigen sehingga memicu tekanan darah dan denyut jantung. Kebiasaan buruk merokok setelah makan juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

2. Rutin Cek Kadar Kolesterol

Source : id.theasianparent.com

Dengan mengenali penyebab dan cara mencegah penyakit jantung, orang jadi bisa mengantisipasi dan meminimalisir berkembangnya kasus kematian akibat penyakit tersebut. Salah satunya adalah dengan rutin mengecek kadar kolesterol, yaitu LDL dan HDL.

High Density Lipoprotein (HDL) merupakan lemak ‘baik’ dan berguna bagi tubuh, sedangkan Low Density Lipoprotein (LDL) adalah sejenis lemak jahat yang dapat menyumbat dan mengotori pembuluh darah dan memicu berbagai penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

3. Jaga Pola Makan

Source : ayosurabaya.com

Kolesterol memang ada yang ‘baik’ dan ‘jahat’, namun penting untuk mencegah terjadinya kenaikan zat tersebut di dalam tubuh. Makanan berkolesterol tinggi seperti cumi, udang, telur asin, telur puyuh, serta gorengan sebaiknya mulai dikurangi atau dibatasi dari sekarang sebelum terlambat.

Sebagai gantinya, bisa dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur, serta makanan yang kaya akan lemak baik seperti Omega 3 misalnya ikan salmon, tuna dan kacang-kacangan. Protein nabati (tahu, tempe) juga pilihan tepat makanan rendah kolesterol.

4. Rajin Berolahraga dan Jaga Berat Badan

Source : liputan6.com

Berolahraga harus dengan durasi yang tepat (minimal 20-30 menit sehari) ditambah aktivitas lain, jika berlebihan (terlalu lama/berat) juga tidak baik karena akan menyebabkan tubuh kelelahan sehingga pasokan oksigen menurun drastis.

Berolahraga rutin selain dapat melancarkan peredaran darah, juga dapat menjaga berat badan tetap ideal tentu harus diiringi dengan pola makan serta gaya hidup sehat. Anda dapat memilih jenis olahraga ringan dan mudah seperti jogging, yogaatau workout.

5. Istirahat Cukup dan Kelola Stress Dengan Baik

Source : lifestyle.okezone.com

Orang yang kekurangan waktu tidur/istirahat lebih rentan terkena stress atau depresi sehingga penting sekali untuk mencukupinya minimal 7-8 jam per hari. Boleh saja sesekali begadang namun jangan jadikan kebiasaan sehari-hari.

Stress berkepanjangan atau emosi yang meledak-ledak juga memaksa jantung bekerja lebih keras dari biasanya sehingga rentan terhadap serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, lakukan kegiatan-kegiatan penghilang stress seperti menonton hiburan, travelling, dll.

Terkadang, diperlukan pula obat-obatan medis untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Karena tergolong berbahaya dan mematikan, penting sekali mengetahui penyebab dan cara mencegah penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *