TEKNOLOGI

Kamera Smartphone vs Aplikasi Kamera

Kamera Smartphone vs Aplikasi Kamera, bagus mana?

Saat ini perkembangan teknologi menghantarkan pengguna pada sebuah perangkat yang semakin canggih. Tidak hanya menawarkan kemudahan komunikasi tetapi juga untuk kebutuhan fotografi. Tidak heran jika sebagian orang membandingkan kualitas dari kamera smartphone vs aplikasi kamera.

Kamera Smartphone vs Aplikasi Kamera Mana Lebih Bagus?  

Ketika hal itu dipertanyakan maka jawabannya harus didukung dengan pecobaan, fakta dan data agar tidak terjadi kesalahan informasi. Baik dari kamera smartphone maupun aplikasinya sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas dari mana Anda bisa menilainya? 

1. Sisi Praktis

Seperti diketahui kamera smartphone bawaan pabrik memang sudah tersematkan langsung pada perangkat tersebut. Pengguna bahkan tidak perlu memasangnya lagi secara manual. Hal inilah yang membuat fitur tersebut lebih praktis daripada harus memasang terlebih dahulu perangkat lunak khusus.  

Dalam kondisi mendadak kamera smartphone lebih cepat dan praktis digunakan untuk mengabadikan momen. Pada sebagian brand ponsel pintar untuk menjalankan kamera tidak harus bergantung pada tap aplikasi saja, melainkan ada cara lain untuk mengaktifkannya bahkan dalam keadaan layar terkunci. 

2. Sisi Batasan Fitur

Seperti diketahui bahwa smartphone bawaan pabrik memiliki batasan spesifikasi masing-masing. Fitur-fitur dalam pengambilan gambar juga tentunya berbeda. Misalnya efek foto bokeh yang terdapat pada berbagai brand smartphone, seperti Realme 2 Pro, Nokia 6.1 Plus, Huawei Honor 10 Lite dan lainnya.  

Beberapa ponsel pintar tadi untuk membuat efek bokeh tidak lagi memerlukan aplikasi. Namun bagi smartphone yang belum mendukung efek gambar tersebut, kehadiran aplikasi kamera khusus sangat diperlukan. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Instagram Focus, MagoVideo dan sejenisnya.

Kamera Smartphone vs Aplikasi Kamera

3. Sisi Keamanan

Smartphone dengan kondisi aslinya dilengkapi fitur yang memang disesuaikan dengan spesifikasi perangkat tersebut. Bahkan dari sisi keamanan fasilitas tersebut lebih aman karena sudah melalui pengujian oleh pabrikan. Hal ini berbanding terbalik dengan memasang aplikasi secara manual. 

Aplikasi kamera memang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Sebab fitur bawaan dari smartphone masih terbatas dan belum mendukung beberapa efek atau proses editing lainnya. Tapi perlu diketahui ada beberapa dari perangkat lunak tersebut rentan dengan resiko malware berbahaya. 

4. Sisi Kelengkapan Fitur

Dapat dikatakan bahwa aplikasi kamera lebih unggul dari sisi kelengkapan fitur untuk mengolah gambar dengan berbagai efek sesuai keinginan. Sedangkan untuk kamera smartphone bawaan masih belum mengimbangi dalam hal ini. Pengguna tentu ingin lebih berkreasi melalui kekayaan feature lainnya.  

Melalui penggunaan aplikasi kamera, batasan fitur dari versi default dapat diatasi dengan kemudahannya dalam memberikan efek tertentu pada foto. Selain itu pengguna dapat memanfaatkan banyak emoticon, icon, bentuk tulisan sertu fasilitas editing lainnya. Hal ini dapat dilihat dari aplikasi B612 dan Sweet Selfie.  

5. Sisi Keperluan Editting

Seorang penggiat fotografi mungkin memperhatikan aspek pengambilan gambar yang tepat dan memberi nuansa tersendiri. Selain itu dalam hal editing mereka tentunya membutuhkan perangkat lunak khusus untuk melakukan hal tersebut. Hal ini cukup terbatas untuk dilakukan pada fitur smartphone bawaan. 

Itulah sebabnya dibutuhkan aplikasi khusus yang dapat berjalan pada perangkat smartphone dan lebih mumpuni dalam proses pengolahan gambar. Jika hanya bergantung terhadap fitur default, kondisi seperti ini hanya akan membatasi kreativitas fotografer untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

Kurang lebih itulah beberapa pembahasan terkait dengan kamera smartphone vs aplikasi kamera. Masing-masing fitur menawarkan kelebihan atau keunggulan tersendiri. Di samping itu, keduanya juga memiliki kekurangan tersendiri mengingat adanya keterbatasan atau resiko dalam penggunannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *