Film Animasi Peraih Oscar
TEKNOLOGI

Film Animasi Peraih Oscar dalam 5 Tahun Terakhir

Film animasi peraih Oscar identik dengan sesuatu yang unik, menghibur sekaligus mengundang gelak tawa dengan konsep cerita ringan dan menarik. Oleh karena itu, penghargaan tertinggi dunia perfilman Academy Awards atau biasa disebut Oscar memberikan tempat baginya untuk salah satu nominasi.

Daftar Film Animasi Peraih Oscar dalam 5 tahun terakhir  

Nominasi Best Animated Picture yang ditujukan untuk beberapa film animasi yang lolos seleksi penghargaan Oscar. Setiap tahunnya dipilih 3 hingga 5 nominator, di mana salah satunya akan memenangkan piala Academy Awards ketika perhelatan akbar ini resmi digelar sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Film Animasi Peraih Oscar

Dalam 5 tahun terakhir diperoleh 5 film animasi yang berhasil memenangkan piala Oscar. Kelima tayangan keren tersebut antara lain:

1. Inside Out

Siapa sangka film animasi arahan sutradara Pete Docter dan Jonas Rivera ini berhasil memenangkan penghargaan Oscar untuk kategori film Animasi Terbaik tahun 2015. Inside Out berhasil mengalahkan keempat pesaingnya seperti Anomalisa, Boy and The World, Shaun The Ship Movie dan When Marnie Was There.

Film Inside Out menceritakan tentang teori Psychoevolutionary dimana ada 8 emosi dasar yang dikemukakan oleh Robert Plutchik seperti perasaan senang, pemaaf, takut, terkejut, sedih, selera tinggi, marah dan waspada. Kedelapan emosi tersebut diterapkan dalam karakter utama, Ripley dan karakter lainnya.

Karakter emosi yang digambarkan dalam film animasi peraih Oscar ini juga unik dan lucu mewakili perasaan yang diutarakan oleh Ripley, Orang tuanya, dan teman-teman sekolahnya. Ide cerita yang tidak biasa dari dua sutradara tersebut berhasil membawa film Inside Out meraih piala Oscar untuk kategori film animasi terbaik.

2. Zootopia

Selang setahun berikutnya, penghargaan Academy Awards ke 89 resmi digelar. Mengumumkan 5 nominasi untuk kategori film animasi terbaik tahun 2016. Film berjudul Zootopia, Kubo and The Two Strings, Moana, My Life as a Courgette, dan The Red Turtle memilki kesempatan untuk memenangkan penghargaan bergengsi ini.

Hanya ada satu pemenang untuk kategori best animated picture dan pemenangnya adalah film animasi produksi Walt Disney berjudul Zootopia. Duo sutradara Byron Howard dan Rich Moore naik ke panggung untuk menjemput kemenangan yang berhasil mereka raih.

Film animasi peraih Oscar berikutnya ini, menceritakan berbagai jenis satwa di kota Zootropolic kawasan Eropa yang hidup akur, rukun dan damai tanpa menerapkan hukum rimba dimana ada pemangsa dan yang dimangsa. Tokoh utama Judy Hopps kelinci betina yang bercita-cita menjadi polisi di kota tersebut.

Keinginan Judy Hopps menjadi polisi tidak mendapat persetujuan dari orang tua karena untuk menjadi polisi di kota Zootroplic lebih pantas dijabat oleh sata yang kuat seperti Harimau, Singa, Badak dan Gajah. Namun, Judy tidak patah semangat dan ia berusaha membuktikan ketidakmungkinan itu pada kedua orang tuanya.

3. Coco

Perhelatan Academy Awards tahun 2017 kembali menambah daftar panjang film animasi produksi Walt Disney, khususnya Studio Pixar dalam memenangkan piala Oscar. Setelah film berjudul Coco berhasil mengalahkan keempat pesaingnya dalam kategori Best Animated Picture.

Coco adalah film animasi yang diarahkan oleh sutradara sekaligus penulis, Lee Unkrich. Menceritakan tentang seorang anak berusia 12 tahun bernama Miguel dalam mengejar cita-cita menjadi musisi, namun untuk mencapainya tidak mudah karena bertentangan dengan tradisi keluarga.

Miguel membuktikan kelak dia mampu menjadi musisi seperti sang ayah yang sudah lebih dahulu meninggalkannya. Hal inilah yang membuatnya bertualang menuju Land of the Dead atau dunia para arwah, hingga Land of the Living untuk mencari tahu tentang asal usul keluarganya.

4. Spiderman: Into The Spider-Verse

Marvel Comics turut menyumbangkan piala Oscar, namun bukan lewat live action movie melainkan lewat film animasi studio Sony Picture Animations. Disutradarai oleh trio sutradara Bob Persichetti, Peter Ramsey, dan Rodney Rothman dengan tampilan sinematografi yang luar biasa.

Film manusia laba-laba versi animasi ini harus bersaing dengan empat kandidat lain yang tidak kalah keren seperti Incredibles 2, Ralph Breaks The Internet, Isle of The Dogs dan Mirai. Terbukti bahwa Spiderman animasi versi Miles Morales berhasil memenangkan penghargaan Academy Awards ke-91.

Diproduksi dengan modal 90 juta dollar amerika, Si laba-laba hitam-merah mampu meraup keuntungan 5 kali lipat dan berhasil mencapai box office. Selain itu, ulasan dari berbagai situs rating film memberikan nilai yang tinggi dan positif menandakan bahwa penonton sangat puas dengan film ini.

5. Toy Story 4

Perhelatan Academy Awards tahun 2020 kembali menjadi milik studio Walt Disney lewat kemenangan Toy Story 4 dalam menyabet piala Oscar untuk kategori film animasi terbaik tahun 2019. Bukan pertama kalinya film arahan John Cooley ini meraih piala Oscar. Sebelumnya Toy Story 3 juga berhasil menang.

Butuh waktu 9 tahun untuk melanjutkan sekuel dari film pendahulunya, Toy Story 4 kembali menghadirkan petualangan Woody dan kawan-kawan yang dibalut humor segar dan menguras emosi penontonnya karena momen perpisahan juga dihadirkan di film keempatnya.

Salah satu aktor ternama Keanu Reeves aktor yang populer lewat film John Wick turut meramaikan jajaran pengisi suara untuk karakter Duke selain Giggle McDimples untuk karakter Ally Maky, duo Bunny dan Ducky yang disuarakan oleh Jordan Peele serta Keegan-Michael Key.

Demikian ulasan terkatit film animasi peraih Oscar dari berbagai sumber oleh Penulis Amanah, baca juga beberapa artikel keren lainnya di laman ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *