Kisah Inspiratif Wanita
PENDIDIKAN

6 Kisah Inspiratif Wanita Indonesia

Menjadi seorang perempuan bukan lagi penghalang untuk mengekspresikan diri seperti di zaman-zaman dahulu. Anggapan seperti ini nyatanya salah besar dan tidak membuat beberapa nama dari kisah inspiratif wanita di bawah ini kian luntur semangatnya dalam menginspirasi banyak orang.

6 Kisah Inspiratif Wanita Indonesia Masa Kini

Anda bisa melihat beberapa nama wanita inspiratif yang ada di Indonesia. Mereka pun dianggap mampu menjadi sosok menginspirasi banyak orang dengan segala perjuangannya saat ini. Perempuan di bawah ini diakui telah dijadikan sebagai teladan terkait kecerdasan hingga kemandirian:

Baca Juga: Seputar Pendidikan

1. Susi Pudjiastuti

Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dimana banyak orang merasa kagum akan perjuangannya. Jabatan tersebut diperoleh oleh Susi Pudjiastuti saat berada di bawah pemerintah Joko Widodo di periode pertama. Menteri satu ini dianggap telah melakukan berbagai gerbrakan besar.

Perlu Anda ketahui bahwa kisah hidup dari sosok Susi Pudjiastuti ini dianggap cukup unik. Salah satunya yakni sempat memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah lantaran pernah dikeluarkan ketika aktif pada gerakan golput. Keputusannya membuatnya lebih memilih dalam menekuni usaha sendiri.

2. Grace Natalie

Nama ini dikenal banyak orang sebagai pendiri Partai Solidaritas Indonesia. Awalnya, Grace Natalie bergelut di dunia wartawan dan terjun ke politik. Tidak hanya mendirikannya, kini dirinya pun diangkat menjadi ketua umum PSI. Wanita kelahiran 4 Juli 1982 ini merupakan alumni SMAK 3 BPK Penabur.

Selanjutnya Grace Natalie melanjutkan pendidikan Manajemen Akuntansi di Universitas Kwik Kian Gie yang awalnya bernama Universitas Bisnis Indonesia. Tahun 2004, dirinya diterima menjadi seorang reporter di TV swasta dan pada tahun berikutnya berhasil menjadi anchor berkat kerja kerasnya.

Baca Juga: Wisata Laut

3. Tri Rismaharini

Nama besar satu ini memang sudah dikenal oleh banyak orang terutama warga Surabaya. Tri Rismaharini dikenal sebagai Walikota Surabaya berkat keberanian dan ketegasannya meski terlahir menjadi seorang wanita. kinerjanya pun dipercaya oleh lapisan masyarakat hingga saat ini.

Gaya kepemimpinan dari Tri Rismaharini sendiri memang sangat merakyat dan rendah hati. Tidak jarang dari Walikota Surabaya ini langsung turun ke jalan untuk menegur hingga mengajak ngobrol warganya. Menariknya di tahun 2014, beliau pernah menerima title sebagai walikota terbaik nomor tiga.

4. Sri Mulyani Indrawati

Masih bergelut dalam dunia politik Indonesia, ada salah satu nama perempuan yang memang berhasil menarik perhatian. Wanita kelahiran di Bandar Lampung ini telah berkarir hingga di dunia internasional terutama di bidang keahliannya yakni keuangan. Banyak orang menyebutnya sebagai Kartini modern.

Sebutan Kartini modern ini memang pantas untuk disematkan lantaran gaya hidup dan kinerjanya sebagai orang penting di politik Indonesia berhasil menginspirasi banyak perempuan khususnya kaum muda. Sri Mulyani pernah dinobatkan menjadi wanita paling berpengaruh menurut Majalah Forbes.

5. Merry Riana

Kaum milenial pasti sudah tidak asing lagi dengan nama satu ini berkat filmnya yang menceritakan perjuangannya ketika bertahan hidup di Singapura. Merry Riana sendiri merupakan pengusaha sekaligus seorang motivator. Wanita kelahiran 29 Mei 1980 ini sudah banyak mengisi acara seminar.

Salah satu raihan yang paling dikenal oleh masyarakat ialah ketika dirinya berhasil memperoleh uang sebesar 1 juta dollar Singapura. Merry Riana pun sempat menulis buku berjudul A Gift From a Friend dan berhasil menjadikannya inspiratif seperti sekarang.

6. Sri Wahyuni Agustiani

Sosok wanita inspiratif ini merupakan seorang atlet angkat besi kebanggaan Indonesia. Diketahui bahwa Sri Wahyuni Agustiani ini lahir tanggal 13 Agustus 1994. Usianya yang masih belia tidak membuatnya berhenti berjuang hingga akhirnya meraih medali Perak di Olimpiade Rio tahun 2016.

Raihan di olimpiade tersebut nyatanya menjadi debutnya yang pertama di pesta olahraga termegah di dunia. Sri Wahyuni pun juga pernah meraih emas pada kejuaraan Islamic Solidarity Games tahun 2013 silam di Palembang. 

Menjadi perempuan bukan menjadikan Anda untuk selalu mengikuti peraturan dan tidak berani mengekspresikan diri. Beberapa nama di atas perlu dijadikan contoh dan memetik sisi positifnya sebagai kisah inspiratif wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *